Pihak Zenly Umumkan Aplikasinya Resmi Ditutup, Simak Alasan dan Cara Simpan Data Penggunanya!

Zenly merupakan sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk melacak keberadaan seseorang berdasarkan letak ponsel. Zenly dibuat oleh Amplitude, seorang developtment asal Perancis pada tahun 2014 namun baru dirilis pada tahun 2015. Aplikasi ini dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna gadget berbasis IOS maupun Android, dan dapat di download melalui Google App Store atau Play Store.

Aplikasi yang telah menjadi bagian dari Snap Inc ini menawarkan beberapa fitur menarik yang membuat ini berbeda dari aplikasi pelacak lainnya. Beberapa fitur menarik antara lain; fitur bicara untuk bertukar berita atau bertanya informasi, kemudian fitur mengetahui lokasi teman bahkan dapat melihat baterai Smarthphone teman, fitur menambahkan teman, fitur tampilan peta dan beberapa fitur lainnya.

Sayangnya aplikasi pelacak lokasi ini akan ditutup pada Februari 2023 mendatang. Hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak Zenly melalui sebuah unggahan di akun Instagram resminya.

“Dengan jenius, Anda bergabung dengan Zenly untuk mengikuti orang-orang terdekat Anda, untuk mencatat semua tempat dan kenangan favorit Anda. Sudah lebih dari 3000 hari sejak awal Zenly dan hanya tersisa 60 hari sebelum berakhir. Tapi cintaku padamu terus tumbuh lebih kuat,” tulis pada unggahan Instagramnya.

Pada laman resmi Zenly juga mengungkapkan alasan aplikasi tersebut harus ditutup lantaran faktor ekonomi yang membuat perusahaan sulit untuk mempertahankan operasionalnya.

Dikutip dari laman Baperanews.com Kepala Infrastruktur Zenly, Jean Baptiste mengatakan “Zenly ialah tentang menghubungkan orang-orang, Anda tidak perlu lagi harus mengirim ratusan pesan untuk bisa temukan teman Anda atau untuk mengatur lokasi bertemu. Anda bisa melihat mereka dengan jelas di peta. Tidak seperti situs untuk check-in, Anda tidak harus memperbarui lokasi terus menerus, juga tidak seperti kebanyakan aplikasi GPS lain. Zenly tidak butuh masa pakai baterai besar. Keunggulan lain ialah akuratnya, dan lokasi diperbarui secara nyata. Artinya, kami perlu infrastruktur tangguh, dengan latensi rendah, sebab tiap pembaruan diproses kurang dari 300 milidetik” ujarnya.

“Sayangnya, iklim ekonomi saat ini menyulitkan Zenly untuk mempertahankan operasinya. Kami senang kamu menikmati Zenly, untuk mengirimkan spam emoji ke teman saat bepergian, mengirimkan apa yang terjadi pada saat yang tepat, bergabung dengan teman ketika mereka bersama… tapi sudah waktunya bagi kami untuk mengucapkan selamat tinggal. Zenly akan selalu mencintaimu,” sambung Zenly.

Pihak Zenly juga merekomendasikan penggunanya untuk menggunakan aplikasi pengganti yaitu Snap Map, yang fiturnya tidak berbeda jauh dengan Zenly yang dapat memberikan layanan untuk melacak lokasi orang lain berdasarkan letak ponsel mereka.

Dengan ditutupnya aplikasi Zenly, maka semua data pengguna Zenly tidak akan disimpan dan akan dihapus.

Jika pengguna ingin agar data-data mereka tidak hilang sebelum Zenly ditutup maka berikut caranya.

  1. Buka pengaturan
  2. Klik ‘butuh bantuan’
  3. Klik ‘kirim permintaan’
  4. Kemudian unduh data anda.

 

Agnes Helena Rahangiar

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *